Pengikut

Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

5 cara mudah belajar fisika

Kalau menurut penulis yang merupakan guru pengajar Matematika, Kimia dan Fisika, maka palajaran Fisika lah yang paling susah. Namun berbeda bagi tiap orang, karena saya juga pernah menanyakan pada murid saya, “Pelajaran apa yang menurut Anda paling susah diantara matematika, kimia dan fisika?” , mungkin sudah bisa Anda tebak, jawabannya yang mana, ya benar relatif, ada yang bilang Matematika yang susah, ada yang bilang Kimia, bahkan ada yang bilang Fisika.
Mengapa saya bilang Fisika yang paling susah? Karena pada pelajaran Fisika, hampir ya dan pasti setiap palajaran akan saling berhubungan.

physics
Sebagai contoh, mungkin pembaca pernah mendengar yang namanya Hukum Newton. Kalau hukum yang kedua, kan berlaku rumus F = m.a, di bagian ini akan dibicarakan mengenai gaya aksi-reaksi, gaya gesekan dan lain-lain. Nanti mungkin ada di bagian lain, yang pembahasannya mengenai GLBB (Geraka Lurus Berubah Beraturan), karena di dalam rumus-rumus GLBB mengandung a (percepatan), maka otomatis F = m.a berlaku disana juga. Lalu berlanjut lagi saat memasuki materi gerak melingkar, ada yang namanya gaya sentripetal, hal ini akan berhubungan juga dengan F = m.a, dan masih banyak lagi hal-hal yang saling berkait.
Untuk menyiasati agar Anda dapat mengikuti materi demi materi, maka gunakan tips berikut
1.        Baca dulu postingan saya 8 langkah jitu menguasai matematika dengan mengganti kata Matematika menjadi Fisika.
2.        Seperti yang saya katakan diatas, apabila memang ada soal yang berkaitan dengan materi sebelumnya, maka Anda harus baca kembali mengenai materi tersebut. Biasanya soal yang demikian, sudah merupakan soal variasi. Jadi perbanyak latihan soal variasi tersebut. Kalau memang memerlukan referensi lain, carilah di toko buku, banyak penerbit yang menyediakannya. Kalau bingung beli buku yang mana, tanya juga pada gurumu atau guru lesmu . Ada pepatah mengatakan “Malu bertanya sesat di jalan”. Tidak perlu malu, memang kita hidup di dunia ini penuh dengan belajar, setiap hari kita akan belajar, belajar dan belajar. Hal ini drperlukan untuk orang yang mau sukses dikemudian hari.
3.        Fisika tidak akan menjadi susah bila Anda mau mengerti benar tiap bab yang diberikan. Ingat bertanya sampai bisa baik pada guru sekolah ataupun guru les Anda.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar